-->

Hidangan Atau Masakan Khas Jepang

Jepang adalah sebuah negara yang terletak di timur Asia. Pada umumnya bahan-bahan yang sering dijadikan masakan Jepang adalah makanan laut, beras, sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Dalam bahasa Jepang, makanan Jepang disebut nihonshoku atau washoku. Tidak sedikit masakan jepang dikenal dan digemari orang-orang luar Jepang. Berikut beberapa masakan atau hidangan Jepang yang banyak digemari:

SUSHI

Hidangan Atau Masakan Khas Jepang

Sushi adalah sebuah makanan khas Jepang terbuat dari gabungan nasi dengan lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran baik mentah maupun yang telah dimasak. Dibumbui dengan campuran cuka beras, garam, serta gula, sehingga nasi sushi memiliki cita rasa masam dan lembut.

Sushi sebetulnya berawal dari daerah pegunungan di Asia Tenggara yang pada zaman dahulu masyarakatnya memiliki kebiasaan mengawetkan ikan dengan menggunakan beras dan cuka. Dan dahulu sushi disebut dengan nama edozushi dan neta yang digunakannya adalah:
  • Ikan: selar, salem, lemuru, marlin, cakalang, dan lainnya.
  • Belut: anago, unagi.
  • Udang: lobster, amaebi, blacktiger, kuruma ebi, dan botan ebi.
  • Kepiting: tarabagani dan zuwaigani.
  • Telur ikan: ikura, tobiko.
  • Cumi-cumi dan gurita.
  • Aburage, kanikamaboko, serutan labu yang dikeringkan, dashimaki, mentimun, saus buah plum, kedelai fermentasi, cacahan daging ikan tuna dengan daun bawang, dan sayuran hasil fermentasi.

TEMPURA

Tempura (天ぷら、天麩羅、天婦羅) adalah makanan khas Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke adonan yang berupa tepung terigu yang dicampur dan diaduk dengan kuning telur serta diencerkan dengan air bersuhu dingin sebelum akhirnya dimasak dengan cara digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Masakan ini pada umumnya disajikan dengan saus tentsuyu ditambah parutan lobak atau parutan jahe sebagai penyedapnya. Selain itu tempura juga kerap dihidangkan bersama air perasan jeruk, garam dapur, atau kecap asin.

Selain sushi dan tempura, masih banyak masakan khas Jepang lainnya yang banyak dikenal seperti shabu-shabu, sukiyaki, dan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel